A. Pengertian Manajemen
Istilah manajemen,
terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada
keseragaman.
Selanjutnya, bila kita
mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah
manajemen mengandung tiga
pengertian yaitu:
Manajemen sebagai suatu
proses,
1. Manajemen sebagai
kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
2. Manajemen sebagai suatu
seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yang
pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi
yang
diberikan oleh para ahli.
Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian
yang pertama itu,
dikemukakan tiga buah definisi.
Dalam Encylopedia of the
Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan
mana pelaksanaan suatu
tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Selanjutnya,Hilm an
mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu
melalui
kegiatan orang lain dan
mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut pengertian yang
kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan
aktivitas
manajemen. Jadi dengan
kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
dalam
suatu badan tertentu
disebut manajemen.
Menurut pengertian yang
ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan.
Mengenai
inipun sesungguhnya belum
ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen
adalah seni dan segolongan
yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya
kedua pendapat itu sama
mengandung kebenarannya.<1>
Menurut G.R. Terry
manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan
bimbingan
atau pengarahan suatu
kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau
maksud-maksud
yang nyata. Manajemen
juiga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu
pengetahuan bagaimana
mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah
kecakapan
yang diperoleh dari
pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk
menggunakan
pengetahuan manajemen.
Menurut Mary Parker Follet
manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan
melalui orang lain.
Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para
manajer
mencapai suatu tujuan
organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan
apa saja
yang pelu dalam pekerjaan
itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya
sendiri.
Itulah manajemen, tetapi
menurut Stoner bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak
ada satu definisi saja yang dapat diterima secara universal. Menurut
James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota
organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari gambar di atas
menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses
yang
ditunjukkan oleh garis
(line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan,
dan pengendalian, yang
mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing
untuk
mencapai suatu tujuan
organisasi.
A. Fungsi-Fungsi Manajemen
(Management Functions)
Sampai saat ini, masih
belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara teoritis
mengenai
apa yang menjadi
fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen.
Berbagai pendapat mengenai
fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakannya
pendapat beberapa penulis
sebagai berikut:
Louis A. Allen : Leading,
Planning, Organizing, Controlling.
Prajudi Atmosudirdjo :
Planning, Organizing, Directing, atau Actuating and Controlling.
John Robert B., Ph.D :
Planning, Organizing, Command -ing, and Controlling.
Henry Fayol : Planning,
Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
Luther Gullich : Planning,
Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Repor-ting, Budgeting.
Koontz dan O’Donnel :
Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
William H. Newman :
Planning, Organizing, Assem-bling, Resources, Directing, Controlling.
Dr. S.P. Siagian., M.P.A :
Planning, Organizing, motivating and Controlling.
William Spriegel :
Planning, organizing, Controlling
Lyndak F. Urwick :
Forecasting, Planning Orga-nizing, Commanding, Coordina-ting,
Controlling.
Dr. Winardi, S.E :
Planning, Organizing, Coordi-nating, Actuating, Leading,
Co-mmunication,
Controlling
The Liang Gie : Planning,
Decision making, Directing, Coordinating, Control-ling, Improving.
James A.F.Stoner :
Planning, Organizing, Leading, and Controlling.
George R. Terry :
Planning, Organizing, Staffing, Motivating, and Controlling.
Dari beberapa pendapat
para penulis di atas dapat dikombinasikan, fungsi-fungsi manajemen
adalah
sebagai berikut:
Planning
Berbagai batasan tentang
planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit.
Misalnya yang sederhana
saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian
tindakan
untuk mencapai suatu hasil
yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan
merupakan penetapan
jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus
dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya
tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu
harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu
harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan
mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya
melaksanakan tindakan itu ?
MenurutS ton er Planning
adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk
mencapai
sasaran tadi.
Organizing
Organizing (organisasi)
adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang
terstruktur
untuk mencapai sasaran
spesifik atau sejumlah sasaran.
Leading
Pekerjaan leading meliputi
lima kegiatan yaitu :
•
Mengambil keputusan
•
Mengadakan komunikasi agar
ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
•
Memeberi semangat,
inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang
menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan
dan sikap-sikap bawahan
agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
Directing/Commanding
Directing atau Commanding
adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi
bimbingan, saran,
perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan
tugas masing-
masing, agar tugas dapat
dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang
telah
ditetapkan semula.
Motivating
Motivating atau
pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa
pemberian
inspirasi, semangat dan
dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka
rela
sesuai apa yang diinginkan
oleh atasan.
Coordinating
Coordinating atau
pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk
melakukan
berbagai kegiatan agar
tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan
jalan
menghubungkan, menyatukan
dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama
yang terarahdalam upaya
mencapai tujuan organisasi.
Controlling
Controlling atau
pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi
manajemen
yang berupa mengadakan
penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan
bawahan dapat diarahkan ke
jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan
semula.
Reporting
Adalah salah satu fungsi
manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau
pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas
dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
Staffing
Staffing merupakan salah
satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu
organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai
dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada
organisasi.
Forecasting
Forecasting adalah
meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap
berbagai
kemungkinan yang akan
terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.
B. Tingkatan Manajemen
(Manajemen Level).
Tingkatan manajemen dalam
organisasi akan membagi tingkatan manajer menjadi 3 tingkatan :
1. Manajer lini
garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah
dalam suatu
organisasi yang memimpin
dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak
membawahi manajer yang
lain.
2. Manajer menengah
(Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa
tingkatan dalam suatu
organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan
kegiatan-kegiatan para
manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional.
3. Manajer Puncak (Top
Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak
bertanggung jawab atas
manajemen keseluruhan dari organisasi
-
devinisi managemet
1. Menurut Dr. SP.
SIAGIAN dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI” MANAGEMENT DAPAT
DIDEFINISIKAN SEBAGAI “KEMAMPUAN ATAU KETERAMPILAN UNTUK MEMPEROLEH
SUATU HASIL DALAM RANGKA PENCAPAIAN TUJUAN MELALUI ORANG LAIN”.
DENGAN DEMIKIAN DAPAT PULA
DIKATAKAN BAHWA MANAGEMENT MERUPAKAN INTI DARIPADA ADMINISTRASI
KARENA MEMANG MANAGEMENT MERUPAKAN ALAT PELAKSANA UTAMA DARIPADA
ADMINSITRASI”
2. Menurut Prof. Dr. H.
ARIFIN ABDULRACHMAN dalam buku “KERANGKA POKOK-POKOK MANAGEMENT”
DAPAT DIARTIKAN :
a.
KEGIATAN-KEGIATAN/AKTIVITAS-AKTIVITAS;
b. PROSES, YAKNI KEGIATAN
DALAM RENTETAN URUTAN- URUTAN;
c. INSITUT/ ORANG –
ORANG YANG MELAKUKAN KEGIATAN ATAU PROSES KEGIATAN
3. Menurut ORDWAY TEAD
yang disadur oleh DRS. HE. ROSYIDI dalam buku “ORGANISASI DAN
MANAGEMENT“, definisi Manajemen adalah “PROSES DAN KEGIATAN
PELAKSANAAN USAHA MEMIMPIN DAN MENUNJUKAN ARAH PENYELENGGARAAN TUGAS
SUATU ORGANISASI DI DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN “.
4. Menurut “Marry Parker
Follet” :
“MANAJEMEN SEBAGAI SENI
DALAM MENYELESAIKAN PEKERJAAN MELALUI ORANG LAIN”.
5. Menurut James A.F.
Stonner :
“MANAJEMEN ADALAH PROSES
PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGARAHAN DANPENGAWASAN USAHA-USAHA
PARA ANGGOTA ORGANISASI DAN PENGGUNAAN SUMBER-SUMBER DAYA ORGANISASI
LAINNYA AGAR MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI YANG DITETAPKAN”.
JADI DAPAT DISIMPULKAN
MANAJEMEN ADALAH PROSES KEGIATAN DENGAN MELALUI ORANG LAIN UNTUK
MENCAPAI SUATU TUJUAN TERTENTU SERTA DILAKSANAKAN SECARA BERURUTAN
BERJALAN KE ARAH SUATU TUJUAN.
Berikut ini adalah
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN menurut Para Ahli :
1. Menurut George R.Terry
- Perencanaan (Planning);
- Pengorganisasian
(Organizing);
- Penggerakan (Actuating);
- Pengawasan
(Controlling).
2. Menurut Luther M.
Gulick yang disadur oleh Dr. BN.Silalai
- Perencanaan (Planning);
- Mengorganisir
(Organizing);
- Melengkapkan Tenaga
Kerja (Staffing);
- Mengarahkan (Directing);
- Menyelaras/Mengkoordinir
(Coordinating);
- Melaporkan (Reporting);
- Menyusun Anggaran
(Budgeting).
3. Menurut Henry Fayol
- Perencanaan (Planning);
- Mengorganisir
(Organizing);
- Memerintah (Commanding);
- Mengkoordinir
(Coordinating);
- Mengawasi (Controlling).
4. Menurut Koontz dan O.
Donnel
- Perencanaan (Planning);
- Mengorganisir
(Organizing);
- Melengkapkan Tenaga
Kerja (Staffing);
- Mengarahkan (Directing);
- Mengawasi (Controlling).
- Manajemen
sebagai ilmu dan seni
daftar pustaka:
http://www.scribd.com/doc/4994224/pengertian-manajemen
http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
elqorni.wordpress.com